Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » APBL Lembata Gelar Lomba Baca Puisi Dan Berceritera dalam Bahasa Daerah

APBL Lembata Gelar Lomba Baca Puisi Dan Berceritera dalam Bahasa Daerah

(227 Views) October 28, 2017 1:49 am | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Ini benar-benar unik, dan baru pertama kali terjadi di Kabupaten Lembata. Asosiasi Peneliti Bahasa Lokal (APBL) Cabang Lembata menggelar lomba baca puisi dan lomba berceritera dalam bahasa daerah, Lamaholot dan Kedang. Juga, digelar lomba paduan suara bahasa daerah dan lomba tarian daerah.

Jumat (27/10/2017), aula Kopdit Ankara, Lewoleba, penuh sesak dengan siswa dari tingkat TK/PAUD, SD, SMP hingga SMA. Semua datang dengan busana daerah yang komplit, kecuali siswa TK/PAUD yang mengenakan seragam sekolah atau pakaian bebas.

Ketua panitia penyelenggara, Mathias Sanga Reko, SPd.SD menjelaskan bahwa lomba mewarnai diikuti 21 siswa TK//PAUD. Sedangkan, lomba membaca puisi bahasa daerah diikuti   18 siswa SD, lomba bercerita bahasa daerah 23 siswa SMP. Tujuh grup siswa SMA mengikuti Lomba Paduan Suara Bahasa Daerah dan dan 6 group siswa SMA lainnya mengikuti Lomba Tarian Daerah.

Panggung di aula Kopdit Ankara benar-benar bergetar. Para siswa sebagai peserta lomba tampil sungguh maksimal. Riuh gemuruh tepuk tangan para pendukung terus membahana sepanjang pertunjukan.

Mathias Sanga Reko mengharapkan agar semua komponen yang ada di Lembata bersinergi dalam gerakan literasi. “Sebuah gerakan yang dibangun dalam semangat ta’an to’u, atau semangat kesatuan sebagai saudara satu tanah, Lamaholot dan Kedang. Semuanya bahu-membahu, bergerak, dan menciptakan iklim literasi yang sehat di tengah masyarakat Lembata. Sehingga pada suatu titik, masyarakat Lembata benar-benar menjadi masyarakat yang literatif dalam segala aspek kehidupan,” tandasnya.

APBL Cabang Lembata  sebagai sebuah Asosiasi Peneliti Bahasa Lokal, kata dia, telah membuat terobosan yang sangat luar biasa dan spektakuler. Mengorganisir dan melaksanakan sebuah kegiatan lokal berstandar internasional, merupakan sebuah trobosan yang luar biasa.

“Banyak pihak mendukung, namun ada pihak yang masih pesimis dan berdiri diam di tempat dengan kerdilnya pola pikir yang diciptakan sendiri. Untuk itu, berkaca pada momentum hari ini dan besok, mari kita saling mendukung,” ucap Sanga Reko.

Dia mengajak semua pihak untuk mendukung program pemerintah daerah. “Mari kita mendukung Lembata. Mari kita mendukung pendidikan kita. Mari kita mendukung guru-guru kita. Mari kita mendukung para siswa kita. Agar setiap capaian dan torehan prestasi yang gemilang, baik itu dari para guru maupun para siswa kita, menjadi torehan bersejarah tanah kita, tanah Lembata,” kata dia.

Lomba-lomba budaya bagi setiap siswa di setiap jenjang yang berbeda, murni merupakan sebuah proses penanaman nilai-nilai literasi budaya bagi generasi. “Sebab generasi super tanah ini adalah generasi yang terwarisi. Apa yang hari ini baik bagi mereka untuk kita wariskan, akan menjadi baik pula bagi generasi emas di masa mendatang,” ujarnya. (fre/ona)

 

No comment for APBL Lembata Gelar Lomba Baca Puisi Dan Berceritera dalam Bahasa Daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *