Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Anggota Polisi Bangun PAUD, Pemkab Lembata Beri Penghargaan

Anggota Polisi Bangun PAUD, Pemkab Lembata Beri Penghargaan

(781 Views) May 3, 2017 12:26 pm | Published by | No comment

Polisi Mat diapit Kapolres dan Penjabat Bupati Lembata

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Pemerintah Kabupaten Lembata memberikan piagam penghargaan kepada Kasie Propam Polres Lembata, Aiptu Akhmad P. Leuohaq, SPd atas jasanya mendirikan PAUDatul Arfal/RA/Arayarifah di Desa Leuwohung, Kecamatan Buyasuri, Kabupaten Lembata.

Selain piagam pengahargaan, pemerintah berjanji akan mengalokasikan sejumlah anggaran perbaikan PAUD sederhana tersebut.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk, usai apel peringatan hari pendidikan Nasional 2 Mei 2017, di halaman kantor Bupati Lembata, Senin (2/5).

Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk yang juga adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT saat menyerahkan piagam penghargaan tersebut mengatakan, pemerintah menaruh hormat kepada semua pihak yang memberikan sumbangsih tenaga, pikiran maupun material untuk membangun sektor pendidikan.

“Polisi Mat dengan kemampuan yang dimiliki terdorong untuk mendirikan PAUD di Desa Leuwohung karena kebutuhan pendidikan anak usia dini di kampungnya. Dengan menyisihkan gajinya sebagai anggota Polisi, Pa Mat berkontribusi mencerdaskan anak bangsa,” ujar Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk.

Sementara itu, Akhmad P. Leuohaq, SP.d, mengatakan, tergerak akan kondisi kampung halamannya yang sudah banyak anak, tetapi minim fasilitas pendidikan usia dini, dirinya berinisiatif membanguna sebuah PAUD dengan mengandalkan sumber daya yang ada di desanya.

“Dengan mengandalkan gaji sebagai anggota Polisi, saya bangun PAUD dan mempekerjakan guru yang berasal dari kampung halaman serta mengurus seluruh keperluan administrasi. Saya buka sekolah PAUD sejak 11 tahun lalu, tahun 2006, saat pertama kali saya menerima jabatan sebagai Kapospol Buyasuri. Saya buka sekolah karena saya prihatin melihat nasib anak-anak usia sekolah tapi lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bermain gasing dan kelereng sepanjang hari,” ujar Akhmad.

Selain membuka PAUD, polisi Akhmad juga menjadi staf pengajar pada Universitas terbuka yang juga dirintisnya untuk hadir di Lembata sejak 2014 silam.

Saat ini puluhan mahasiswa termasuk personel polisi Polres Lembata, menjadi mahasiswa dan kuliah melalui program kuliah jarak jauh itu.

“Sekarang ini saya sedang kuliah di Fakultas Hukum Universitas Terbuka. Saya juga dipercayakan sebagai salah seorang tutor untuk mahasiswa di sini. Saya mengajar tiga mata kuliah, yakni Pendidikan Anak di SD Semester II, Pembelajaran PKn di SD Semester III dan Perspektif Global semester II dan V,” ujar Polisi Mat.

Ia mengaku bahagia atas kepedulian pemkab Lembata atas piagam penghargaan serta sejumlah Dana untuk membangun PAUD sederhana yang ia bangun. Ia juga diusulkan lembaga tempatnya mengabdi untuk mengikuti seleksi polisi teladan di Polda NTT.(san taum)

No comment for Anggota Polisi Bangun PAUD, Pemkab Lembata Beri Penghargaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.