Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Air Sumur Bor di Dulitukan Untuk Konsumsi Ternak

Air Sumur Bor di Dulitukan Untuk Konsumsi Ternak

(740 Views) April 21, 2016 5:58 pm | Published by | No comment
sunur

Yentji Sunur

LEWOLEBA, aksiterkini.com—Kerinduan masyarakat Desa Dulitukan, Kecamatan Ile Ape untuk bisa menikmati air bersih secara stabil, masih jua tersandung. Pasalnya, sumur bor bantuan pemerintah propinsi yang baru saja diresmikan Bupati Eliaser Yentji Sunur, ternyata hanya untuk minuman ternak piaraan warga.

Selasa (19/4/2016) lalu, Bupati Sunur bersama rombongan pejabat Pemkab Lembata datang ke Dulitukan untuk meresmikan sumur bor dari program air bersih pemerintah propinsi NTT. Sayangnya, air sumur bor tersebut tidak layak dikonsumsi masyarakat.

Kepada aksiterkini.com sejumlah warga Dulitukan menyampaikan kalau air tersebut lebih nikmat kalau sudah dibuat kopi. Tetapi kalau langsung dikonsumsi terasa asin. “Wai nepe kalau tite tenu langsung, memang cukup pero (asin), tapi kalau tula (bikin) kopi baru mae-mae (bagus),” jelas seorang warga Dulitukan yang tidak ingin namanya dipublikasikan dalam bahasa Lamaholot.

Kepala Desa Dulitukan, Wilhelmus Waleng Langodai yang dihubungi melalui telepon membenarkan kalau air tersebut kurang layak dikonsumsi. Dia menjelaskan lebih banyak warganya menggunakan air tersebut untuk konsumsi ternak. Dan, yang mengkonsumsi air tersebut hanya  orang tua yang memang sudah terbiasa dengan rasa asin.

“Untuk mandi, cuci, dan minuman ternak ya, terus kalau untuk konsumsi, hanya orang tua-tua mereka,” jelas Wilhelmus Waleng Langodai. (paul ama duli)

Topik:
News:

No comment for Air Sumur Bor di Dulitukan Untuk Konsumsi Ternak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *