Menu Click to open Menus
Home » HUKRIM » 64 Penghuni Lapas Klas III Lembata Terima Remisi

64 Penghuni Lapas Klas III Lembata Terima Remisi

(619 Views) August 17, 2017 12:02 pm | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Memperigati HUT Kemerdekaan RI ke-72, sedikitnya 64 narapidana penghuni lapas klas III Lewoleba, Kabupaten Lembata, Kamis (17/8) menerima remisi. Remisi umum yang diberikan kepada narapidana umum itu diserahkan Bupati Lembata, Eliazer Yentji Sunur disaksikan segenap unsur Forkopimda di Lapas klas III Lewoleba serta Kalapas Lewoleba, Andi Mulyadi.

Remisi umum diberikan kepada 64 warga binaan Lapas Klas III kepada 7 orang Napi Pidana Umum, dengan besaran remisi, 1 hingga 2 bulan, 55 orang menerima remisi umum satu dengan besaran remisi, 2 hingga 6 bulan, dan sebanyak 1 orang mendapat remisi umum dua dengan besaran remisi 3 bulan.

Dalam kesempatan penyerahan remisi usai apel peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, Bupati Lembata membacakan sambutan Menteri Hukum Dan HAM, Yasona Laoli.

Disebutkan, pemberian remisi juga diikuti pentas seni yang akan dibawakan oleh penghuni Lapas. Para Narapidana itu sempat menyanyikan lagu perjuagan serta lagu daerah Lembata, serta puisi tentang kemerdekaan di hadapan tamu undangan.

Menurut Yasona, pentas seni yang dibawakan penghuni lapas dimaksudkan untuk melembutkan jiwa para narapidana, sehingga perasaan kejiwaan yang cenderung keras dapat dieliminir. Sehingga pada saat kembali ke masyarakat dan keluarga, para narapidana itu sudah mampu berinteraksi dengan masyarakat.

Remisi juga dapat menjadi stimulan kepada narapidana untuk mrngurangi tekanan frustrasi sebagai efek tindak pidana yang berujung pada perampasan kemerdekaan individu itu.

Kepala Lapas Klas III Lewoleba, Andi Mlyadi menjelaskan, Sejumlah narapidana dinyatakan bebas setelah menerima remisi umum ini, sementara dua terpidana seumur hidup yang dibina di lapas Klas III tidak menerima remisi. Kedua narapidana seumur hidup itu sedang diusulkan perubahan putusan hingga pada saatnya akan diuslkan menerima remisi.(san taum)

Topik:
News:

No comment for 64 Penghuni Lapas Klas III Lembata Terima Remisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.