Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » 50 tahun RS Bukit Lewoleba; Uskup Larantuka: Momen Menjadi Rumah Kasih

50 tahun RS Bukit Lewoleba; Uskup Larantuka: Momen Menjadi Rumah Kasih

(441 Views) September 9, 2017 6:57 am | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Rumah Sakit Bukit Lewoleba, hari ini, Sabtu (9/9/2017) merayakan syukur ulang tahunnya yang ke 50 tahun. Dengan motto “melayani dengan kasih”, perayaan ekaristi dipimpin Uskup Larantuka, Mgr Fransiskus Kopong Kung, Pr didampingi 23 imam. Misa juga diiringi tarian dari anak SDK St Tarsisius Lewoleba dan koor Laudamus dan Vox Benedicti dari Paroki St. Beneaux, Lewoleba.

Dalam kotbahnya, Uskup mengatakan Yesus adalah kasih Allah yang kelihatan di tengah dunia. Ketika mengajar Yesus juga menyembuhkan. Orang berbondong-bondong datang minta disembuhkan. Mujizat besar yang ada di dunia adalah kasih. Kasih itulah yang menyembuhkan, menghidupkan.

Menghadapi perkembangan dunia, gereja tidak boleh mundur dari pelayanan kasih. Rumah sakit adalah rumah kasih. Sebagaimana Yesus memperhatikan orang sakit, lemah dan miskin. 50 tahun lalu Keuskupan Larantuka membangun rumah sakit di bukit ini dengan Mgr Antonius Hubertus Thijsen, SVD

Di awalnya rumah sakit ini sangat sederhana dan hanya  satu dokter, dokter Sina. Tercatat, operasi pertama 30 Oktober 1967 oleh dr Sina dan dua orang perawat.

Selama 50 tahun, lanjut Uskup,  sudah banyak yang mendapat pelayanan di rumah sakit ini. Meskipun ada keterbatasan dan kekurangan di tengah perubahan dan tuntutan sebuah rumah sakit standar, mudah-mudahan momen syukur hari ini menjadi momen perubahan, rumah sakit ini menjadi milik kita bersama. Karena itu dukungan semua pihak dengan caranya masing-masing sangat diharapkan.

“Karena rumah sakit ini milik keuskupan, milik umat. Rumah sakit ini hendaknya adalah rumah kasih. Para dokter, bidan, perawat, para pastor, suster hendaknya melayani dengan kasih. Ketika orang datang, mereka tidak ditanya apa agamaumu, apa statusmu, dari mana asalmu. Jadikan rumah sakit ini sebagai rumah kasih melalui kehadirannya dan dalam pelayanannya,” harap Uskup.

Usai misa dilanjutkan dengan resepsi sederhana. (Ona)

No comment for 50 tahun RS Bukit Lewoleba; Uskup Larantuka: Momen Menjadi Rumah Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.