Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » 4 Bacabup dan 2 Bacawabup Flotim Ikut Fit And Proper Test di DPP PDIP

4 Bacabup dan 2 Bacawabup Flotim Ikut Fit And Proper Test di DPP PDIP

(3100 Views) April 21, 2016 5:47 pm | Published by | 4 Comments
anton2

Anton Hadjon

JAKARTA, aksiterkini.com—Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan melakukan Fit And Proper Test terhadap seluruh bakal calon bupati dan wakil bupati. Dari di Flores TImur, diikuti 4 (empat) bakal calon bupati dan 2 (dua) bakal calon wakil bupati.

Empat (4) orang balon bupati adalah Chris Boro Tokan, Valentinus Tukan, Anton Doni Dihen, dan Antonius Gege Hadjon. Sedangkan, dua (2) orang balon wakil bupati masing-masing Bernard Beda Keda dan Klemens Kesule Hala.

Fit and Proper Test (FPT) terhadap para bakal calon (balon) dilaksanakan hari Rabu (20/4/2016) di secretariat DPP PDI Perjuanan Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Para balon sebelumnya sudah mendaftarkan diri melalui DPC, DPD atau ke DPP PDI Perjuanan.

Dr. Chris Boro Tokan yang dihubungi aksiterkini.com melalui jaringan seluler, Kamis (21/4/2016), menjelaskan bahwa kegiatan FPT dimulai sejak pukul 09:30 Wib hingga pukul 17:30 Wib. Terdapat 6-7 sesi yang harus dijalani para balon dengan materi inti: psikotest, diskusi kelompok, wawancara mendalam, dan wawancara dari DPP PDIP.

“Soal penetapan paket memang keputusan politis, apapun keputusan politis perlu adanya pendasaran selain dasar yuridis partai dan lain-lainnya, yaitu soal kepribadian dari figur itu sendiri. Itu yang ditekankan dalam isian psikotest berupa alternatif-alternatif, diskusi, dan wawancara mendalam,” jelas Boro Tokan.

Ir. Anton Doni Dihen, MS yang dihubungi secara terpisah menyebut FPT yang dilakukan oleh DPP PDIP sudah profesional, karena dilakukan asessor dari lembaga psikologi prosfesional di luar PDIP.

Terkait dengan hasilnya, Doni Dihen menyerahkan sepenuhnya kepada partai. Partai bebas untuk memutuskan sesuai struktur partai berdasarkan berbagai macam pertimbangan seperti elektabilitas, kapabilitas, integritas dan lain sebagainya.

“Siapa yang paling memenuhi syarat, ya tinggal diputuskan partai saja. Kita terbuka untuk kemungkinan apa saja. Siapa saja yang diusung PDIP, kita percaya saja, sama seperti juga mempercayakan kepada partai lain untuk memutuskan,” jelasnya.

Balon incumbent, Valentinus Tukan merasa dengan adanya FPT, DPP PDIP punya pilihan-pilihan berdasarkan kajian obyektif. Sehingga, kata dia, hasil yang direkomendasikan partai betul-betul dipercaya mampu menjadi pemimpin.

“Kita semua sudah siap, jika nanti dipilih oleh partai dan ikhlas menerima jika kami tidak ditentukan. Misalnya yang ikut test ini kan juga dari kader PDIP, jika pilihan nanti pada orang lain, maka seperti yang disampaikan dalam test (FPT), kita semua, orang-orang PDIP harus mendukung itu. Tidak bisa berbuat yang lain,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Flotim, Antonius Gege Hadjon memastikan semua peserta FPT sudah mengetahui sejauhmana kemungkinan posisi masing-masing selama mengikuti proses ini. Menurutnya, semua Balon sudah dapat mengukur diri bahkan jauh sebelum mengikuti FPT. Hal ini diperjelasnya sesuai dengan SK DPP PDIP Nomor 004 Tahun 2016 tentang Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon PDIP. Bahwa selain berisi kententuan-ketentuan lain, termasuk FPT dan hasil survey, ada pertimbangan sangat penting lainnya, yaitu DPP PDIP sangat mempertimbangkan keutuhan partai.

“Berdasarkan SK 004, calon yang diajukan itu semestinya tidak berdampak terhadap perpecahan partai di tingkat bawah. Point ini sangat penting sekali. Banyak diantara Balon sudah membacanya, tapi berusaha mengabaikan. Malah fokus pada pasal pelarangan kader yang bertugas sebagai pimpinan DPRD untuk tidak calonkan diri. Sayangnya, tanpa membaca pasal pengecualian yang membolehkan jika mendapat rekomendasi DPD,” terang Wakil Ketua DPRD Flotim ini, ketika dihubungi terpisah melalui telepon (21/04).

Dengan pertimbangan demikian, dan karena telah mengantongi rekomendasi DPD PDIP NTT untuk boleh mengikuti proses pencalonan, dirinya merasa sangat optimis sedari awal, bakal ditetapkan sebagai Calon Bupati dari PDIP untuk Pilkada Flotim 2017, sembari berharap SK penetapan calon dikeluarkan di bulan Juni mendatang. (Frank Lamanepa)

Topik:
News:

4 Comments for 4 Bacabup dan 2 Bacawabup Flotim Ikut Fit And Proper Test di DPP PDIP

  • Andre says:

    Dalam berbagai diskusi selama ini ada satu poin yang selalu di bahas adalah soal prioritas kader partai yang potensial. Untuk itu saya berharap dengan ikutnya kader partai potensial dari flotes Timur saya berharap DPP PDI Perjuangan bisa memilih Ketua DPC ANTON HAJON YANG SUDAH TERUJI LOYALOTASNYA DALAEBANGUN DPI PERJUANGAN FLOTIM

  • Andre says:

    Dalam berbagai diskusi selama ini ada satu poin yang selalu di bahas adalah soal prioritas kader partai yang potensial. Untuk itu saya berharap dengan ikutnya kader partai potensial dari flotes Timur saya berharap DPP PDI Perjuangan bisa memilih Ketua DPC ANTON HAJON YANG SUDAH TERUJI LOYALITASNYA DALAm membANGUN PDI PERJUANGAN FLOTIM. Secara struktur hampir seluruh PAC DAN RANTING PDI PERJUANGAN FLOTIM SANGAT MENGHARAPKAN KADER SENDIRI. TENTU HALI INI JUGA BISA MENGHINDARI PERPECAHAN DI INTERNAL PARTAI. MERDEKA.

  • Waiters says:

    Kader sendiri harus diproriataskan apalagi jika yang bersangkutan terbukti memiliki loyalitas yang sudah teruji selama ini. Membangun PDI-P menjadi sebuah partai besar membutuhkan sosok figur yang mampu membangun konsolidasi pada akar rumput. kita bisa lihat siapa sosok tersebut dan jika DPP berpikir soal kepentingan partai maka hendaknya keputusan yang diambil disesuikan dengan keinginan struktur dari bawah. jika tidak, apa boleh buat. Smua tergantung pada pengurus pusat

  • Ponce says:

    Tidak mutlak seorang kader partai yang akan di usung,partai berhak melirik figur external yang potensial untuk di usung dengan melihat berbagai kriteria kelayakan yang harus diuji,jujur bahwa yang paling pantas dari ke4 figur itu adalah pa anton doni dihen yang punya kapasitas kapabilitas yang lebih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.