Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » WKRI Wangatoa Donor Darah, Untuk Ibu Melahirkan

WKRI Wangatoa Donor Darah, Untuk Ibu Melahirkan

(84 Views) March 24, 2019 2:08 pm | Published by | No comment

 

Ny Maria, sebut saja namanya begitu harus operasi caesar hari ini. Nyawa bayi dan ibu harus diselamatkan.

“Siapkan dua kantong darah A, “begitu kata perawat di ruang persalinan pada suami dan keluarga yang menunggui Ny Maria di RS. Mereka cukup banyak. Maklum, kampung mereka jauh dari Kota Lewoleba. Di antara mereka siap mendonor. Tapi, saat pemeriksaan di Unit Transfusi Darah (UTD), golongan darah mereka tidak sama dengan Ny Maria. Lainnya tensi rendah. Lainnya kurang sehat untuk donor.

Bolak balik cari keluarga atau kenalan. Ke Polres, Lapas dan ke kantor-kantor pemerintah. Anda yang sering main facebook atau bergabung di grup-grup WA pasti sering membaca kalimat-kalimat begini: Butuh gol darah A (atau O atau B).

Itu kisah Ny Maria. Seorang bidan di ruang perawatan rumah sakit menuturkan, beberapa kali terpaksa menghubungi kepala dinas yang dikenali untuk meminta staf mendonor saat ada pasien ibu melahirkan dan keluarga kesulitan mendapat pendonor. “Kejadian seperti begitu sering kami alami, ” ujarnya.

*

Ny Maria. Perempuan. Ibu melahirkan dengan kondisi mengkuatirkan. Fakta yang sangat dekat dengan kehidupan keseharian kita. Dan inilah yang menggugah nurani para Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Paroki Kristus Raja Wangatoa (PKRW).

Ketika Ketua Seksi Kesejahteraan WKRI PKRW, ibu Hen Odel mengajukan usul kegiatan donor darah yang diperuntukkan khusus bagi perempuan dan ibu melahirkan, Pastor Moderator, Rm Wens Herin, Pr dan Ketua WKRI Cabang Wangatoa, Ny Anastasia Atawolo menyambut positif. Lagi pula saat ini umat Katolik sedang dalam masa Pra Paskah.

Minggu (24/3/2019), aksi donor darah pun di lakukan di UTD RSU Lewoleba. Meski beberapa di antara pendonor adalah pemula, kegiatan donor darah berlangsung aman hingga selesai.
“Ini bentuk kepedulian WKRI Wangatoa bagi perempuan dan ibu melahirkan. Aksi ini juga akan terus kita laksanakan, ” ujar Ny Atawolo. (fince bataona)

No comment for WKRI Wangatoa Donor Darah, Untuk Ibu Melahirkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.