Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » 32 Sumur Bor Di Lembata Mubazir

32 Sumur Bor Di Lembata Mubazir

(440 Views) September 27, 2017 3:19 pm | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Balai wilayah sungai Nusa Tenggara II, P2AT Flores Lembata, NTT, memberikan solusi mengatasi krisis air bersih dan menyuplai air untuk pertanian. Di Kabupaten Lembata, pihak Balai wilayah Sungai, telah membangun 38 titik sumur bor di daerah yang mengalami krisis air bersih. Sayangnya, sumur bor yang telah dibangun itu banyak dibiarkan mubazir.

Hal tersebut disampaikan staf teknik Balai Wilyah Sungai Nusa Tenggara II, P2AT Flores Lembata, Welem Pandi, kepada aksiterkini.com, Selasa (26/9).

Disebutkan, sumur bor yang telah dibangun di sejumlah lokasi krisis air Itu dilengkapi alat bantu genset. Sementara pada tahun ini, pihaknya membangun 6 sumur bor dengan bantuan solar cell. Hingga saat ini di Kabupaten Lembata telah dibangun 38 titik sumur bor.

“Ada 8 titik untuk keperluan air baku, sementara 30 lainnya untuk keperluan pertanian. Namun kami mencatat ada 32 sumur bor yang sudah kami bangun tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh Dinas Pertanian di Kabupaten Lembata,” ujar Pandi.

Dikatakan, pembangunan sumur bor tersebut menggunakan Dana APBN. Mestinya setelah dibangun, Dinas Pertanian setempat memberdayakan serta memotivasi kelompok tani untuk menggunakan sumur bor tersebut untuk bertani.

“Satu sumur bor debitnya 10 liter per detik. Diproyeksi dapat mengaliri 10 Ha lahan pertanian. Kami berharap pemerintah Kabupaten manfaatkan fasilitas ini,” ujar Welem Pandi.

Sementara itu, Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday mengatakan, akan memfasilitasi pertemuan pihak Balai Wilayah Sungai dengan Dinas Pertanian guna memanfaatkan aset milik pemerintah itu.

“Kita punya cincin pertanian dan terus memacu produktivitas petani, sehingga fasilitas ini perlu dimanfaatkan,” ujar Wabup Langoday.(san taum)

No comment for 32 Sumur Bor Di Lembata Mubazir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.