Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » 1500 Siswa Kirim Utusan Rapat Dengan Bupati, Pemerintah Siap Akomodir  Keputusan Rapat

1500 Siswa Kirim Utusan Rapat Dengan Bupati, Pemerintah Siap Akomodir  Keputusan Rapat

(248 Views) May 10, 2018 4:14 am | Published by | No comment

HADAKEWA, aksiterkini.com – Sebanyak 1500 anak yang tergabung dalam gerakan Pramuka Penggalang dan Penegak di Kecamatan Ile Ape, Lebatukan dan Nubatukan yang mengikuti kegiatan Kemah Pramuka Adaptasi Perubahan Iklim (API) mengutus perwakilan untuk  mengikuti Rapat Anak Lembata dengan Bupati, di ruang rapat SMP Sinar Swasembada – Hadakewa, Sabtu, 28 April 2018. Bupati Lembata berhalangan hadir dan diwakili Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Lembata, Athanasius Aur Amuntoda,SE.MM.

Setiap sekolah atau regu, mengirim tiga orang wakilnya untuk mengikuti rapat. Anak-anak merekomendasikan agar pemerintah daerah mendengarkan suara anak Lembata. Terutama, menerima usulan kegiatan yang mendukung anak-anak untuk beradaptasi menghadapi perubahan iklim serta kemungkinan terjadinya bencana alam di Lembata.

Anak-anak secara bergantian melaporkan berbagai akibat dari perubahan iklim, yakni kebakaran, kekeringan, longsor, banjir, wabah penyakit pada manusia dan hewan yang dialami di lingkungan sekitar mereka. Juga, langkah-langkah kongkrit dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Kegiatan konkrit yang dilakukan anak-anak dalam menghadapi perubahan iklim adalah menanam pohon bakau, latihan menyuling air keruh menjadi air bersih, reboisasi, dan memperbaiki selokan air. Para praja mengakui, dalam menghadapi perubahan iklim mereka mendapat latihan dan pendampingan dari CIS Timor dan Plan Internasional wilayah Lembata.

Tiga anak dari SMP Satu Atap Holoriang secara bergantian menyampaikan jika lingkungan mereka mengalami kekeringan karena ketiadaan sumber air, banyak debu beterbangan, serta banyak lokasi perbukitan yang saat ini kosong tanpa ada tanaman. Mereka meminta agar pemerintah memberikan bantuan air bersih dan memberikan anakan pohon yang cocok untuk daerah mereka agar ditanam pada musim hujan tiba.

Senada dengan perwakilan anak-anak Holoriang, anak-anak lain juga meminta agar saat musim hujan nanti setiap sekolah difasilitasi dan diberi bantuan anakan pohon berbagai jenis untuk reboisasi di lahan-lahan kosong di wilayah mereka masing-masing. Mereka mintta agar pelaksanaannya dibawah koordinasi sekolah mereka.

Seorang siswa SMP Ampera Waipukang, Kecamatan Ile Ape dalam rapat itu menyoroti upaya pemerintah untuk kegiatan penyulingan air laut menjadi air bersih di Kecamatan Ile Ape yang mubazir. Padahal, menurutnya, dalam rapat itu upaya itu adalah salah satu langka yang positif yang mesti dilanjutkan karena wilayah mereka sangat membutuhkan air bersih dan tidak ada sumber airnya.

Menjawabi pertanyaan dan beberapa pernyataan anak-anak dalam rapat tersebut, Plt. Sekretaris Daerah Athanasius Aur Amuntoda menyatakan pemerintah daerah pada prinsipnya menerima berbagai aspirasi anak Lembata sebagai penerus bangsa dan daerah.

Athanasius Aur Amuntoda memastikan akan mengakomodir aspirasi anak-anak dalam anggaran daerah tahun 2019. Dia juga mengajak anak-anak Lembata untuk menjadi generasi tangguh dalam menghadapi berbagai perubahan iklim di Lembata. Khususnya, menghadapi bencana alam seperti gempa bumi yang sering terjadi.

Amuntoda memotivasi anak-anak  untuk tumbuh menjadi generasi muda bermental baja dan siap menghadapi bencana apapun dengan prinsip Zero Bencana. “Bencana apapun yang terjadi Lembata harus nol korban jiwa,” tandasnya.

Ikut dalam rapat itu peserta masing-masing gerakan Pramuka, dari gerakan pramuka penegak dan penggalang, menempati meja pimpinan Bupati Lembata yang diwakili Plt Sekretaris Daerah Athanasius Aur Amuntoda,SE.MM didampingi perwakilan Gerakan Pramuka Kwartir Nasional Kak Rangga, Perwakilan Gerakan Pramuka Daerah NTT, Kak Yos Pangkur dan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lembata, Kak Simon Tery Langobelen.(m.molan Kominfo Lembata)

No comment for 1500 Siswa Kirim Utusan Rapat Dengan Bupati, Pemerintah Siap Akomodir  Keputusan Rapat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.